Jumat, 21 Juli 2017

Macam-Macam Fungsi Dari Riser Sistem

Riser sistem merupakan elemen terpenting yang menjadi penghubung antara host platform dan seabed. Untuk itu fungsi-fungsi riser ini berfariasi berdasarkan tujuan riser ini didesain. Berdasarkan tujuan penggunaannya jenis-jenis riser dapat dibedakan kedalam 4 bentuk seperti berikut :

·         Drilling Riser

Tipe ini mengaplikasikan konsep Top Tension Riser (TTR) yakni terdapat top tension pada area Floating Production Structure untuk mempertahankan pergerakan vertical dari riser itu akibat pengaruh dari gerakan FPS yang ada di permukaan air akibat adanya pergerakan gelombang. Tipe ini umumnya digunakan ketika pengeboran dilakukan. 
Gambar Drilling Riser (http://www.drillingcontractor.org)

·         Production Riser

Tipe ini umumnya digunakan untuk transportasi hidrokarbon dari dasar laut menuju ke host platform di permukaan air. Umumnya konsep dari riser ini adalah konsep compliant riser. yakni sebisa mungking konfigurasi ini dapat mnyerap pergerakan FPS sehingga gerakan pada TDA semakin kecil. 
Gambar Production Riser (http://poli.ru)

·         Injection Riser

Tipe ini digunakan untuk menginjeksi atau sirkulasi beberapa fluida kedalam sumur bor untuk melakukan intervensi ataupun hanya perawatan sumur saja.
Gambar Injection Riser (http://www.offshore-mag.com)

·         Export/Import Riser

Tujuan dari tipe ini untuk transportasi minyak dan gas yang telah diproses di platform menuju ke pipeline yang menuju darat ataupun menuju ke kapal tanker yang nantinya akan di salurkan ke darat.
Gambar Export Riser (http://www.offshore-mag.com)
hope this could help readers :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar